Konsep Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Al-Quran
DOI:
https://doi.org/10.30863/alwajid.v2i1.1670Abstrak
Bahasa, budaya, suku, tradisi, hingga pada keanekaragaman agama merupakan keragaman yang ada di Indonesia. Namun, hal tersebut terkadang memunculkan berbagai konflik karena adanya perbedaan tersebut disertai beberapa faktor tercakup di dalamnya. Maka sebab itu, diperlukan sebuah solusi yang progresif untuk meredam isu-isu keragaman di mana seringkali dapat memanas serta berdampak pada kerugian yang cukup besar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman serta deskripsi yang berhubungan pada konsep pendidikan moderasi beragama serta paradigma pluralitas agama yang ada di Indonesia, begitupun memberikan penawaran saran melalui revolusi diri yang memiliki keterikatan pada konsep pemahaman pendidikan moderasi beragama serta pluralitas agama tersebut. Jenis penelitian ini merupakan kepustakaan yakni peneliti menjalani penelitian konsep pendidikan moderasi beragama serta pluralitas beragama yang ada di Indonesia, lalu kemudian merujuk dari beberapa literature yang berkaitan dalam penelitian ini, selanjutnya dirincikan dan disusun, lalu peneliti melakukan penghimpunan agar terbentuk system yang menyatu dalam menentukan serta memperoleh hasil yang valid. Adapun hasil pada penelitian ini adalah menegaskan konsep pendidikan moderasi beragama memiliki keterkaitan erat pada kebijakan terhadap pluralitas agama dengan proses moderasinya melalui revolusi mental. Beberapa pemahaman yang berkaitan dengan konsep pendidikan  moderasi beragama serta pluralitas beragama mesti dilakukan pemahaman secara detil kemudian terwujud pada pergerakan revolusi mental yang akhirnya akan mencetak beberapa tindakan saling menghormati serta salinng toleran terhadap kehidupan yang beragam.Referensi
Fahri, Mohamad, and Ahmad Zainuri. “Moderasi Beragama Di Indonesia.†Intizar 25, no. 2 (2019): 95–100. https://doi.org/10.19109/INTIZAR.V25I2.5640.
Faisal, Muhammad. “Title : MANAJEMEN PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI ERA DIGITAL.†ICRHD: Journal of Internantional Conference on Religion, Humanity and Development. Vol. 1, April 26, 2020. https://doi.org/10.24260/ICRHD.V1I1.17.
“Islam Nusantara: Jalan Panjang Moderasi Beragama Di Indonesia - Prof. Dr. H.Nasaruddin Umar, MA - Google Buku.†Accessed July 4, 2021. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=uhceEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=moderasi+beragama&ots=12Dg12hw5b&sig=BAw1_i7bPxCCR3Rrx0QHYphS5g8&redir_esc=y#v=onepage&q=moderasi beragama&f=false.
Khotimah, Husnul. “INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA DALAM KURIKULUM PESANTREN.†Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (January 27, 2020): 62. https://doi.org/10.19105/rjpai.v1i1.3008.
Kosasih, Engkos. “Literasi Media Sosial Dalam Pemasyarakatan Sikap Moderasi Beragama.†Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (December 27, 2019): 263–96. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.118.
Marzali, Amri. “Beragama Dengan Moderat Di Era Pandemi Covid-19.†Mimikri: Jurnal Agama Dan Kebudayaan, 2020.
Murtadlo, Muhamad. “Menakar Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi.†Accessed July 4, 2021. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/JG8HX.
Nugraha, Dera, Uus Ruswandi, and Bambang Samsul Arifin. “Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Islam Cendekia Kabupaten Cianjur.†Jurnal Kurioritas, 2020.
“PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PAI BERWAWASAN ISLAM WASATIYAH : UPAYA MEMBANGUN SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK | Harto | At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam.†Accessed July 4, 2021. https://journal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1280.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.