Konsep Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Al-Quran

Authors

  • A. Fajar Awaluddin A. Fajar Awaluddin A. Fajar Awaluddin IAIN BONE

DOI:

https://doi.org/10.30863/alwajid.v2i1.1670

Abstract

Bahasa, budaya, suku, tradisi, hingga pada keanekaragaman agama merupakan keragaman yang ada di Indonesia. Namun, hal tersebut terkadang memunculkan berbagai konflik karena adanya perbedaan tersebut disertai beberapa faktor tercakup di dalamnya. Maka sebab itu, diperlukan sebuah solusi yang progresif untuk meredam isu-isu keragaman di mana seringkali dapat memanas serta berdampak pada kerugian yang cukup besar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman serta deskripsi yang berhubungan pada konsep pendidikan moderasi beragama serta paradigma pluralitas agama yang ada di Indonesia, begitupun memberikan penawaran saran melalui revolusi diri yang memiliki keterikatan pada konsep pemahaman pendidikan moderasi beragama serta pluralitas agama tersebut. Jenis penelitian ini merupakan kepustakaan yakni peneliti menjalani penelitian konsep pendidikan moderasi beragama serta pluralitas beragama yang ada di Indonesia, lalu kemudian merujuk dari beberapa literature yang berkaitan dalam penelitian ini, selanjutnya dirincikan dan disusun, lalu peneliti melakukan penghimpunan agar terbentuk system yang menyatu dalam menentukan serta memperoleh hasil yang valid. Adapun hasil pada penelitian ini adalah menegaskan konsep pendidikan moderasi beragama memiliki keterkaitan erat pada kebijakan terhadap pluralitas agama dengan proses moderasinya melalui revolusi mental. Beberapa pemahaman yang berkaitan dengan konsep pendidikan  moderasi beragama serta pluralitas beragama mesti dilakukan pemahaman secara detil kemudian terwujud pada pergerakan revolusi mental yang akhirnya akan mencetak beberapa tindakan saling menghormati serta salinng toleran terhadap kehidupan yang beragam.

Author Biography

A. Fajar Awaluddin A. Fajar Awaluddin A. Fajar Awaluddin, IAIN BONE

IAT

References

Fahri, Mohamad, and Ahmad Zainuri. “Moderasi Beragama Di Indonesia.†Intizar 25, no. 2 (2019): 95–100. https://doi.org/10.19109/INTIZAR.V25I2.5640.

Faisal, Muhammad. “Title : MANAJEMEN PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI ERA DIGITAL.†ICRHD: Journal of Internantional Conference on Religion, Humanity and Development. Vol. 1, April 26, 2020. https://doi.org/10.24260/ICRHD.V1I1.17.

“Islam Nusantara: Jalan Panjang Moderasi Beragama Di Indonesia - Prof. Dr. H.Nasaruddin Umar, MA - Google Buku.†Accessed July 4, 2021. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=uhceEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=moderasi+beragama&ots=12Dg12hw5b&sig=BAw1_i7bPxCCR3Rrx0QHYphS5g8&redir_esc=y#v=onepage&q=moderasi beragama&f=false.

Khotimah, Husnul. “INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA DALAM KURIKULUM PESANTREN.†Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (January 27, 2020): 62. https://doi.org/10.19105/rjpai.v1i1.3008.

Kosasih, Engkos. “Literasi Media Sosial Dalam Pemasyarakatan Sikap Moderasi Beragama.†Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (December 27, 2019): 263–96. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.118.

Marzali, Amri. “Beragama Dengan Moderat Di Era Pandemi Covid-19.†Mimikri: Jurnal Agama Dan Kebudayaan, 2020.

Murtadlo, Muhamad. “Menakar Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi.†Accessed July 4, 2021. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/JG8HX.

Nugraha, Dera, Uus Ruswandi, and Bambang Samsul Arifin. “Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Islam Cendekia Kabupaten Cianjur.†Jurnal Kurioritas, 2020.

“PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PAI BERWAWASAN ISLAM WASATIYAH : UPAYA MEMBANGUN SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK | Harto | At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam.†Accessed July 4, 2021. https://journal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1280.

Published

2021-07-01