PENDEKATAN PEMBELAJARAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QURAN
DOI:
https://doi.org/10.30863/alwajid.v2i2.2284Abstrak
Kesenjangan antara pendekatan pendidikan klasik dan kontemporer dalam Islam merupakan tema yang belum mendapat respon dan solusi yang memadai. Untuk memahami sepenuhnya sifat pendidikan klasik menuntut tidak kurang darimenyeluruh pemahamantentang ciri-ciri karakteristiknya yang berbeda dari metodemodern pendidikan, namun menghargai bagaimana perkembangan selanjutnya membawa gerhananya Artikel ini memetakan lintasan sejarah pendidikan dalam Islam, mengamati dasar-dasar kitab suci, filosofis, dan institusional dan mengkaji bagaimana mereka telah dipengaruhi oleh reformasi setelah munculnya modernitas danmenyertainya filosofi yang. Wacana dimulai dengan penyelidikan tentang dasar etika-religius pembelajaran dalam Al-Qur'an, Sunnah dan doktrin hukum, serta semangat yang membimbing mereka, seperti kebebasan akademik, klasifikasi pengetahuan, danpengajaran metodologi. Diskusi berlanjut untuk mempertimbangkan tantangan kontemporer terhadap pendekatan pembelajaran Islam terutama yang berasal dari modernitas ilmiah, rasionalitas dan sains, yang perlu dinegosiasikan, dikonfrontasikan jika perlu, dan diintegrasikan jika dianggap bermanfaat.Referensi
Aripin, Usman. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH.†Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi 2, no. 1 (May 31, 2015): 120–27. https://doi.org/10.22460/P2M.V2I1P120-127.171.
Dewi, Erni Ratna. “Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas.†PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran 2, no. 1 (April 28, 2018): 44–52. https://doi.org/10.26858/PEMBELAJAR.V2I1.5442.
Fauzi, Kms Muhammad Amin. “PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA,†n.d.
Ikhwan, Afiful. “Metode Simulasi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam.†Istawa : Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (September 14, 2017): 1–34. https://doi.org/10.24269/IJPI.V2I2.623.
Imaduddin, Imaduddin. “Pendekatan Dalam Proses Pembelajaran Perspektif Imam Al-Ghazali: Kajian Kitab AyyuhÄ Al-Walad FÄ« Nasīhati Al-Muta‘allimÄ«n Wa Maw‘izatihim Liyaâ€TMlamÅ« wa Yumayyizū ‘Ilman NÄÂfi‘an Min Gayrihi.†Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (November 15, 2017): 13–43. https://doi.org/10.38073/JPI.V7I2.43.
Ishak, Suardi. “METODE PEMBELAJARAN SAINS DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.†Jurnal Ilmiah Islam Futura 15, no. 1 (August 1, 2015): 143–61. https://doi.org/10.22373/JIIF.V15I1.563.
Junaidah, Junaidah. “Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (May 14, 2015): 118–33. https://doi.org/10.24042/ATJPI.V6I1.1488.
Kalsum, Mardia. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa | Studia Didaktika.†Accessed November 1, 2021. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515.
Maesaroh, Siti. “PERANAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.†Jurnal Kependidikan 1, no. 1 (January 1, 2013): 150–68. https://doi.org/10.24090/JK.V1I1.536.
Mumin, U. Abdullah. “PENDIDIKAN TOLERANSI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH MUATAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH).†Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 1, no. 2, July (July 9, 2018): 15–26. https://doi.org/10.31943/AFKAR_JOURNAL.V2I1.19.
Rahmah, Eka Naelia. “Konsep Metode Pembelajaran Perspektif Ibnu Khaldȗn Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Masa Kini.†Alim | Journal of Islamic Education 1, no. 1 (April 2, 2019): 91–118. https://doi.org/10.51275/ALIM.V1I1.121.
Rahmat, Hayatul Khairul. “Mobile Learning Berbasis Appypie Sebagai Inovasi Media Pendidikan Untuk Digital Natives Dalam Perspektif Islam.†Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 1 (November 20, 2019). https://doi.org/10.34001/TARBAWI.V16I1.999.
Sahlan, Asmaun. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM (KAJIAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM).†El-Hikmah 0, no. 2 (2012). http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/elhikmah/article/view/2261/docx.
sida, abd. rajab. “ESENSI METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.†Istiqra` : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 7, no. 2 (April 7, 2020): 74–88. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/514.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.